Ke-12
rasul dan 70 pemimpin Nasrani awal seperti dicatat dalam ayat berikut ini:
“Kemudian dari pada itu Tuhan menunjuk tujuh puluh murid yang lain, lalu mengutus mereka berdua-dua mendahului-Nya ke setiap kota dan tempat yang hendak dikunjungi-Nya.”[1]
Angka 12 dan 70 bukanlah suatu kebetulan! Dua
belas rasul ini adalah Gambaran dari 12 suku Israel sementara 70 adalah angka
keanggotaan dewan sanhendrin. Perjanjian Baru adalah terusan dari Perjanjian
Lama (Sinai) yang telah usang[2], ke-12
suku Israel digantikan dengan 12 rasul dan 70 tua-tua Sanhendrin digantikan
dengan 70 anggotanya yang Baru.
Setelah
mereka ditahbiskan menjadi imam/uskup[3],
mereka berpencar dalam ladang-ladang pemuridan.[4]
Di Yerusalem ada uskup Mar Yakub HaTzadiq (Yakobus), di Antiokia ada uskup
Mar Keipha (Petrus), di India ada uskup
Mar Yehuda Thoma (Thomas), di Edessa
ada imam Mar Addai dan muridnya Mar Mari kemudian mereka bergeser ke
Mesopotamia, di Roma ada uskup Mar
Linus murid Mar Shaul (Paulus), di Celtic
ada uskup Yosip Arimatea[5],
di Mesir ada uskup Mar Markus yang
juga menginjil ke Etiopia, lalu pada tahun 329 M diangkatlah uskup pertamanya
bernama Fromentious[6],
di daerah lain juga demikian, semua jemaat Baru hasil penginjilan dipimpin oleh
imam-imam Tertahbis. Rabi-rabi Yahudi Farisi dan Imam-imam Saduki tidak pernah
diizinkan untuk mengajar apalagi memimpin. Ajaran Farisi dan Saduki adalah
ajaran yang harus dihindari, karena itu sudah merupakan pesan Maran Yeshua sendiri:
“Yesus berkata kepada mereka (murid-murid-Nya):”Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap ragi orang Farisi dan Saduki”.
Tabel
berikut ini mencatat penyebaran para pemimpin Nasrani awal. Siapa saja ke-12
rasul Nasrani itu, asal mereka, suku mereka, lokasi-lokasi kemana mereka
dikirim untuk menginjil dan kota kematian mereka.
No
|
Nama
Rasul
|
Daerah
Asal
|
Suku
|
Daerah
Penginjilan
|
Daerah
Kematian
|
1
|
Simon Keipha (Petrus)
|
Bethsaida
|
Naftali
|
Antiokia dan Roma
|
Disalib di Roma
|
2
|
Andreos (Adik Keipha)
|
Bethsaida
|
Naftali
|
Scythia, Nicomedia,
Achaia, & Byzantium
|
Byzantium
|
3
|
Yuchnan Zebedeus
|
Bethsaida
|
Zebulun
|
Efesus, sempat
diasingkan ke Patmos
|
Efesus
|
4
|
Yakub adik Yuchnan
|
Bethsaida
|
Zebulun
|
Bethsaida dibunuh oleh
Herodes Agrippas
|
Bethsaida
|
5
|
Filipus
|
Bethsaida
|
Asher
|
Phrygia,
Pamphylia&Pisidia
|
Pisidia
|
6
|
Yehuda Thoma
|
Yerusalem
|
Yehuda
|
Persia, Medes, dan India
|
Ditikam di India oleh
Raja India
|
7
|
Mattai
|
Nazareth
|
Isakar
|
Palestina, Tyre, dan
Sidon
|
Antiokia
|
8
|
Tulmay
|
Endor
|
Isakar
|
Armenia, Ardeshir,
Ketarbol, Radbin, Pruharman
|
Disalibkan di Armenia
|
9
|
Yehuda bar Yakub (Mar Taddai)
|
Yerusalem
|
Yehuda
|
Laudikia, Antaradus,
Arwad
|
Dirajam di Arwad
|
10
|
Simon Ziloti
|
Galilea
|
Efraim
|
Shemeshat, Parin,
Zeugma, Halab, Mabbog, Kenneshrin
|
Kyrrhos
|
11
|
Yakub bar Alpheus
|
Yordan
|
Manasheh
|
Tadmor,Kirkesion,
Callinicos, Batnan Serug
|
Batnan Serug
|
12
|
Matiah
|
Ruben
|
Helas dan Silicy
|
Silicy
|
Semua tidak dicatatkan di dalam injil atau surat-surat dalam kanon
kitab suci Protestan (66 kitab). Catatan ini hanya ada di dalam tradisi lisan
lalu dicatatkan ke dalam sebuah kitab Baru, Sefer
Dvor. Pada poin 12, posisi Mar
Yehuda Iskariot (Yudas Iskariot) yang bunuh diri digantikan oleh Mar Matiah (Matias), Kis 1:26.
Setelah mengetahui para pemimpin Gereja Rasuliah yang berasal dari
12 rasul, lalu kemana pergi ke-70 murid lainnya?
No
|
Nama
|
Daerah
Pengijilan
|
Daerah
Kematian
|
1
|
Yakub HaTzadiq (Si Saleh)
|
Yerusalem
|
wafat dilempar dari
bumbungan Bait Suci II, Yerusalem oleh yehudim
|
2
|
Yuchnan (Yohanes)
Pembaptis
|
Yerusalem
|
wafat dipenggal oleh
Herodes di penjara di Yerusalem
|
3
|
Ananiah murid Yuchnan
Pembaptis
|
Damaskus dan Arbel
|
Irbil
|
4
|
Shaul dari Tarsus
(Paulus)
|
Banyak kota Gentile
|
wafat dihukum penggal
oleh Nero
|
5
|
Lukas
|
Alexandria
|
Alexandria
|
6
|
Markus
|
Roma
|
Roma
|
7
|
Addai
|
Edessa Mesopotamia
|
Mesopotamia
|
8
|
Aggai
|
Edessa Mesopotamia
|
Mesopotamia
|
9
|
Zakeus
|
Bukit Horon
|
Bukit Horon
|
10
|
Mattai si Kusta
|
Ramah
|
Ramah
|
11
|
Yosip Arimatea
|
Galilea dan Dekapolis
|
Ramah
|
12
|
Nikodemus (ex Farisi)
|
Yerusalem
|
Yerusalem
|
13
|
Nataniel
|
Bukit Horon
|
Bukit Horon
|
14
|
Simon Kirene
|
Pulau Chios
|
Pulau Chios
|
15
|
Simon Kleopas
|
Yerusalem
|
|
16
|
Stefanus
|
Yerusalem
|
wafat dirajam di
Yerusalem
|
17
|
Mark us
Yohanes
|
Nyssa dan Nazianzus
|
Nazianzus
|
18
|
Lephas
|
Shiraz
|
Shiraz
|
19
|
Barnabah
|
Italy
|
Samos
|
20
|
Titus
|
Krete
|
Krete
|
21
|
Sosthenes
|
Pontus dan Asia
|
|
22
|
Cricus
|
Dalmasia
|
Alexandria
|
23
|
Justus
|
Tiberias dan Kaiserea
|
Kaiserea
|
24
|
Andronikus
|
Ilirikum
|
Ilirikum
|
25
|
Rufus
|
Zeugma
|
Zeugma
|
26
|
Patrobas
|
Chalsedon
|
Chalsedon
|
27
|
Hermas
|
Antiokia
|
Antiokia
|
28
|
Narcisus
|
Hellas
|
Hellas
|
29
|
Asyncritus
|
Khuzistan
|
Khuzistan
|
30
|
Aritobulus
|
Isauria
|
Isauria
|
31
|
Onesimus
|
Roma
|
Roma
|
32
|
Apollos
|
Sparacleus (?)
|
Sparacleus (?)
|
33
|
Olimpas
|
Tarsus
|
wafat di penjara Tarsus
|
34
|
Stachys
|
Tarsus
|
wafat di penjara Tarsus
bersama Olimpas
|
35
|
Stefanus
|
||
36
|
Junias
|
Samos
|
wafat dibunuh di Samos
|
37
|
Theokritus
|
Ilios
|
Ilios
|
38
|
Martalus (?)
|
||
39
|
Niger
|
Antiokia
|
Antiokia
|
40
|
Lucius
|
||
41
|
Alexander
|
Heracloepolis
|
Heracloepolis
|
42
|
Milus
|
Rhodes
|
Wafat dibuang ke laut di
Rhodes
|
43
|
Silvanus
|
Acco
|
wafat dibunuh di Acco
|
44
|
Herodian
|
Acco
|
wafat dibunuh di Acco
bersama Silvanus
|
45
|
Silas
|
Sarapolis
|
Sarapolis
|
46
|
Timotius
|
Efesus
|
Efesus
|
47
|
Manael
|
Acco
|
Acco
|
48
|
Eunuk (yg dibaptis
Filipus)
|
Etiopia dan Pulau
Parpasia (?)
|
dibunuh di Pulau
Parpasia (?)
|
49
|
Jason
|
Olmius (?)
|
wafat dibuang dan
diterkam binatang buas di Olimus (?)
|
50
|
Sosipatrus
|
Olmius (?)
|
wafat dibuang dan
diterkam binatang buas di Olimus (?) bersama Jason
|
51
|
Demas
|
Tesalonika
|
Tesalonika
|
52
|
Omius
|
Melitene
|
Melitene
|
53
|
Thraseus
|
Laudikia
|
wafat dimasukkan ke
dalam tungku perapian di Laudikia
|
54
|
Bistorius
|
Pulau Ko
|
Pulau Ko
|
55
|
Abrois (?)
|
Etiopia
|
Etiopia
|
56
|
Motos (?)
|
Etiopia
|
Etiopia
|
57
|
Lewi
|
Paneas
|
wafat dibunuh di Paneas
|
58
|
Nicetianus
|
Tiberias
|
|
59
|
Yuchnan
|
Baalbek
|
wafat dibuang dan
diterkam binatang buas di Baalbek
|
60
|
Theodorus
|
Baalbek
|
wafat dibuang dan
diterkam binatang buas di Baalbek bersama Yuchnan
|
61
|
Euchestion (?)
|
Byzantium
|
Byzantium
|
62
|
Simon (?)
|
Byzantium
|
Byzantium
|
63
|
Efraim
|
Baishan
|
Baishan
|
64
|
Justus
|
Korintus
|
Korintus
|
65
|
Yakub
|
Nikomedia
|
Nikomedia
|
Hal yang membuat informasi nama 70 murid dan kemana daerah
penginjilan mereka, tidak tercatat dengan baik, yaitu masalah tehnologi yang masih primitive
dibandingkan dengan tehnologi pencatatan dewasa ini. Dahulu masing-masing
Gereja Rasuliah mengingat mata rantai tahbisannya sendiri, tidak terlalu paham
detail rantai tahbisan gereja lainnya. Setelah beberapa waktu berjalan dan
tahbisan menjadi panjang dan bercabang Barulah dicatat. Belum lagi tersebarnya
informasi tidak secepat sekarang. Dari satu Gereja Rasuliah saja bisa muncul
beberapa cabang akibat satu uskup menahbiskan beberapa murid yang nantinya
menjadi uskup. Lalu uskup-uskup Baru menahbiskan kembali. Tidak adanya Documen Management System dan pusat
kepustakaan sebagai alat pencatatan dan penyimpanan yang rapih dan yg terdapat
dalam satu database, membuat banyak
informasi penting tercecer dan bahkan hilang ditelan sejarah. Jadi, wajar saja
jika ada pencatatan di kitab ini masih kurang memuaskan pencari kebenaran.
Hasil dari penginjilan para murid (12 rasul dan 70 murid lainnya)
atau pemipin Nasrani awal tidaklah selalu berupa komunitas suatu Gereja
Rasuliah. Ada yang Baru menjadi cikal bakal gereja, disebabkan para pengijilnya
wafat Martir atau wafat di dalam
penjara. Hasil penginjilan mereka bukanlah jemaat Messianic Jewish, bukan pula jemaat Yahudi Ortodoks, apalagi jemaat
Kristen Mesianik. Semua hasil
penginjilan murid awal tersebut adalah
Gereja Rasuliah atau cikal-bakalnya. Semua adalah satu-kesatuan jemaat yang
dipimpin uskup-uskup dan semua uskup mendapatkan tahbisan awal dari Maran Yeshua. Itulah mengapa Gereja
Rasuliah bisa disebut satu, satu Tuhan,
satu iman, satu Baptisan.[9] Di luar Gereja Rasuliah,
tidaklah satu. Tidak ada jalan lain jika ingin satu iman, semua haruslah masuk
ke dalam Gereja Rasuliah.
Tidak ada gereja jika tidak ada seorang uskup![10] Peran adanya uskup sangat
sentral sejak abad 1 sampai 21 ini. Besar dan tugas seorang Uskup dicatat di
dalam beberapa kitab salah satunya Sefer
Didaskalia pasal 5, dapat dibaca pada Lampiran.
Ada gereja yang dirintis oleh suatu rasul lalu pada beberapa waktu kemudian
dipimpin oleh uskup lainnya. Itu adalah hal yang wajar dan terjadi sampai
sekarang. Yang terpenting adalah semua jemaat dipimpin Uskup. Tanpa Uskup maka
tidak bisa disebut sebagai suatu Gereja Rasuliah, baru berupa rintisan.
Gereja Celtic Orthodox meyakini bahwa mereka pertama kali dinjili
oleh pelayanan Mar Yosip Arimatea,
satu dari murid 70. Namun hal ini tidak tercatat dalam tradisi sejarah Church of The East, sehingga Uskup
Solomon tidak mencantumkannya dalam Sefer
Dvor. Jadi kalau semua tradisi gereja rasuliah diteliti masing-masing, barulah
semua akan lebih jelas. Gereja Rasuliah menyebar
dan berkembang dengan berbagai macam nama di banyak belahan dunia. Setiap uskup
berhak memberi nama komunitas Nasrani yang dia pimpin. Dari banyaknya cabang awal Gereja Rasuliah hanya satu cabang yang
melestarikan nama ‘Nasrani’ yaitu Jemaat Mar
Thoma India. Yang lain memilih nama ‘Kristen’ yang dimulai pada jemaat Antiokia
yang kebanyakan kaum Goyim (non
Yahudi atau Gentile yang
terpengaruh budaya Hellenisme - Yunani) Gereja Rasuliah tidak punya
tradisi untuk terus mewariskan nama yang sama seperti yang tercatat di dalam
kitab suci, misalnya ‘Derekyah’ atau
‘Jalan Tuhan’ (Kis9:2) atau ‘Nasrani’ (Kis24:5). Pemakaian nama yang beragam
tidaklah melanggar Halakah.
[1] Luk
10:1 LAI
[2] Ibrani 8:13 LAI“…Ia menyatakan yg pertama
sbg perjanjian yg telah menjadi tua. Dan
apa yang telah tua dan usang, telah dekat pada kemusnahannya.”
[3] Yohanes 20:22 (LAI) “Dan sesudah berkata
demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata “Terimalah Roh Kudus”…
[4] Pasal 1. Saat Thoma Pergi ke India dengan
Abbanes si Saudagar.
1: 1 "Pada waktu itu semua Rasul-rasul (Shlikhim) kita berada di Yerusalem,
Simon yang disebut Keipha dan Andreos saudaranya, Ya’aqub anak dari Zebedee dan
Yokhanan saudaranya, Philip dan Bartholomeus (Tulmai), Thoma dan Mattityahu
pemungut cukai, Ya’aqub anak Alphaeus dan Simon orang Kanaan, dan Yudas saudara
Ya’aqub: dan kami membagi wilayah-wilayah dari dunia ini, bahwa setiap orang
satu dari kami harus pergi ke wilayah yang jatuh kepada dia dan kepada bangsa
ke mana Tuhan mengutus dia.
Oleh karena itu, sesuai dengan undi, India jatuh kepada Yudas
Thoma (atau Yehuda Thoma), yang mana juga disebut si Kembar (Yunani,’Diddymus’, Aramaik, ‘Tauma’): tapi dia tidak mau pergi,
menolak dengan alasan tubuhnya lemah dia tidak bisa melakukan pengembaraan, dan
'aku adalah seorang pria Ibrani; bagaimana bisa aku pergi untuk berada diantara
orang-orang India dan mewartakan kebenaran?' Dan ketika dia sedang
mengungkapkan rasa keberatannya dan alasan, Juruselamat (Yeshua) muncul di
hadapannya pada malam hari dan berkata pada dia: Jangan takut, Thoma, pergilah
engkau ke India dan wartakanlah sabda di sana, sebab anugerahKu bersamamu. Tapi
dia tidak mau taat, katanya: Kemanapun Engkau akan mengutus aku, utuslah aku,
tapi ke tempat lain, pergi ke orang-orang India aku tidak mau. – Sefer Shleeha Mar Thoma 1: 1
[5] Sejarah, celticorthodoxchurch.com
[7] Solomon
Akhla, Uskup Church of The East,
Kitab Lebah (Sefer Dvor), pasal
XLVIII, tahun 1222
[9] Igeret Efesus 4:5
[10] Uskup Mar
Ignatius (+170 M) dari Antiokia mengingatkan umat percaya: …. Kamu harus
menganggap Qurbana sebagai yang sah,
jika dirayakan oleh Uskup atau oleh seseorang yang diberinya kuasa. Di mana
Uskup berada, biarlah kumpulan umat berada, seperti di mana Yeshua Mshikha berada, di sanalah ada Gereja
Seutuhnya. Tanpa pengawasan dari Uskup, tidak ada mikveh ataupun perayaan Qurbana diperbolehkan…." -- (Surat Mar Ignatius kKepada jemaat di
Smyrna 8).
…. Barang siapa ada di dalam tempat kudus,
adalah murni, sedangkan ia yang berada di luar tempat kudus adalah tidak murni.
Artinya: mereka yang melakukan apapun tanpa uskup, imam dan diakon tidak
mempunyai hati nurani yang jernih." – (Surat Mar Ignatius kepada jemaat di
Trallia 2:7)
…. "Dia yang terhormat Uskup adalah
kehormatan Alaha, dia yang melakukan
sesuatu tanpa sepengetahuan Uskup berbuat melayani si jahat" – (Surat
Ignatius kepada Jemaat Smyrnan 9: 1).
…. "Oleh karena itu sebagaimana Maran tidak melakukan apa
pun tanpa Bapa, [dipersatukan dengan-Nya], baik dengan sendiri atau oleh Rasul,
sehingga juga kamu tidak melakukan apapun tanpa Uskup dan Penatua." –
(Surat Ignatius kepada Jemaat Magnesian 7: 1).
Ajaran Penghakiman
1 Oleh
karena itu ini perlu bagimu, wahai uskup, apabila kamu berkotbah, untuk
bersaksi dan menegaskan mengenai penghakiman seperti dsebutkan dalam Injil.
2 Sebab
bagimulah juga Maran berkata: Dan
engkau, anak manusia, Aku telah menetapkan seorang penilik bagi umat Israel;
supaya engkau mendengar sabda dari mulut-Ku, dan memberikan peringatan dan
memberitakan hal itu sebagaimana dari-Ku.
3 Dan
ketika Aku berkata kepada orang fasik: orang fasik pasti akan mati, dan engkau
tidak memberitahukan dan mengatakan bahwa orang fasik harus meninggalkan
kejahatannya: orang fasik itu akan mati karena kesAlahannya, dan pada tanganmu Aku akan menuntut balas darahnya.
4 Tetapi
jika engkau memperingatkan orang fasik dari jalan hidupnya yang berdosa, dan
dia tidak perduli, orang fasik itu akan mati karena kesAlahannya, dan engkau akan menyelamatkan jiwamu.
5 Oleh
karena kepadamu juga, ditanggungkan pertanggungjawaban kesAlahan mereka perihal dosa ketidaktahuan mereka, apakah engkau
memberitahukan dan bersaksi; dan mereka yang hidup tidak disiplin dan tanpa
teguran secara terbuka?
6 Sebaliknya
sekarang kita berbicara dan mengulangi perkara-perkara ini seringkali, kita
tidak tercela; karena melalui banyak pengajaran dan mendengar hal itu terjadi
bahwa seorang laki-laki tahu malu, dan berbuat baik dan menghindari kejahatan.
7 Sebab Maran juga mengatakan dalam Torah: Dengarlah, hai orang Israel; dan hingga
hari ini mereka tak mendengar.
8 Dan
dalam Injil juga Dia sering menyatakan dan mengatakan; Setiap orang bertelinga
hendaklah mendengar, biarlah dia mendengar.
9 Tapi bahkan
bukan mereka tak mendengar yang berpikir mereka mendengar; sebab mereka
melemparkan diri mereka sendiri dengan cepat kedalam kehancuran bida’a yang mengerikan:
kepada dia yang sabda penghukuman ditujukan.
10 Sebab
kita tak percaya, saudara-saudara, bahwa ketika seorang laki-laki (sekali)
turun ke dalam air ia akan melakukan lagi perbuatan-perbuatan keji dan kotor
dari orang penyembaha berhala durhaka. Sebab ini terwujud dan diketahui semua
orang, bahwa barang siapa yang berbuat jahat setelah pembaptisan, sama sudah
dikutuk kedalam Api Gehenna.
11 Dan sungguh
kita berpikir bahwa memang orang-orang penyembah berhala juga akan menghujat
dalam hal ini, kita tidak bergaul dengan mereka dan tidak terus berhubungan dengan
mereka.
12 Tapi
melalui kepalsuan penyembahan berhala saudara-saudara kita mencapai kebenaran;
dalam Injil Dia bersabda demikian: Berbahagialah kamu ketika mereka akan mencela
engkau, dan dianiaya, dan berbicara melawanmu dengan setiap perkataan jahat
demi Aku.
13 Tapi
bersukacitalah dan bergembiralah kamu, sebab upahmu besar di sorga. Karena begitu
jugalah nenek moyang mereka menganiaya para nabi.
14 Jika
mereka memfitnah dengan fitnah palsu kepada seseorang, berkatilah dia, bahkan jika
ia dicobai; sebab Alkitab telah berkata: Orang tidak tergoda, jika ia tidak
menyetujuinya.
15 Tapi
jika seorang laki-laki dihukum karena melakukan perbuatan jahat, ia bukan
seorang Mshikhani tapi pembohong, dan
ia memegang rasa takut akan Maran dalam
kemunafikan.
16 Oleh
karena itu orang-orang ini, ketika mereka telah ditangkap dan dihukum oleh
kebenaran secara terbuka, biarlah uskup yang tanpa pelanggaran dan tanpa
kemunafikan menghindari dirinya.
17 Tetapi
jika uskup sendiri tidak punya hati nurani yang bersih, dan menerima orang-orang
itu demi uang, atau demi hadiah yang ia terima, dan memberikan peluang bagi
orang fasik berbuat dosa-dosa, dan membuat ia menderita dan tetap tinggal dalam
Jemaat.
18 Uskup
tersebut telah mencemari jemaatnya dan Alaha;
ya, dan dengan umat juga, dan dengan banyak penerima yang masih muda dalam
pikiran mereka, atau dengan para pendengar; dan para pemuda dan pemudi di
samping itu ia hancurkan bersama dengan dia.
19 Karena
dengan alasan kekotoran dari orang fasik, ketika mereka telah melihat satu di
tengah – tengah mereka juga akan ragu-ragu dalam jiwa mereka, dan akan meniru
dia, dan diri mereka sendiri juga akan tersandung dan mengalami penyakit yang
sama, dan akan binasa dengan dia.
20 Tapi
jika dia yang berdosa melihat uskup dan diakon bersih dari cela, dan seluruh
kawanan menjadi murni, pertama-tama dari semua ia tidak akan berani masuk
kedalam jemaat, karena ia ditegur oleh hati nuraninya; tetapi jika itu terjadi
ia adalah berani, dan masuk kedalam Kehilla dengan kesombongannya, dan ia
ditegur dan dimarahi oleh uskup, dan melihat semua umat tidak menemukan
pelanggaran dalam salah satu dari mereka, baik pada uskup maupun dalam
orang-orang yang bersamanya.
21
Kemudian ia akan masuk kebingungan, dan akan keluar diam-diam, malu besar,
menangis dan jiwanya menyesal; dan dengan demikianlah kawanan tetap murni.
22 Selain
itu, ketika ia pergi keluar dia akan bertobat dari dosanya dan berduka dan
berkeluh kesah di hadapan Alaha, dan
akan ada harapan baginya.
23 Dan
seluruh kawanan itu sendiri juga, ketika melihat dia akan menangis dan air mata
manusia mengalir, takut, mengetahui dan memahami bahwa setiap orang yang
berbuat dosa akan binasa.
24 Oleh
karena itu, wahai uskup, berjuanglah untuk menjadi murni dalam perbuatan-perbuatanmu.
Dan kenalilah tempatmu, bahwa engkau sudah ditetapkan menjadi rupa Alaha Mahakuasa, dan memegang tempat Alaha Mahakuasa; dan duduklah dalam
Kehilla dan mengajar sebagai orang yang memiliki kuasa untuk menghakimi mereka
bahwa dosa tidak diperkenankan dalam rumah Alaha
Mahakuasa. Sebab bagimu para uskup dikatakan dalam Injil: Apa yang engkau ikat di
bumi, akan terikat di surga.
ARTIKEL TERKAIT:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar