PERBEDAAN
|
||||
NO
|
POKOK
PERBANDINGAN
|
GEREJA
ROMA KATOLIK
|
NAZARENE
INDONESIA (GNI)
|
PENJELASAN
|
1
|
ASAL
TAHBISAN (SMIKHA)
|
Mar
Kefa (Petrus) yang diteruskan ke Mar Linus di ROMA
|
Mar
Kefa yang diteruskan ke Gereja Syria ANTIOKIA dan Mar Thoma yang diteruskan ke
Gereja Assyria MESOPOTAMIA
|
SAMA-SAMA
Gereja Rasuliah yang didirikan oleh para rasul di abad awal.
|
2
|
CORAK
PENGAJARAN DAN PERIBADATAN
|
LATIN
|
SEMITIK
(ARAMAIK+IBRANI)
|
Jemaat
Perdana di abad 1 adalah umat Yahudi berbahasa Aramaik bukan Latin. Saat pengijilan
merambah ke banyak belahan bumi, barulah injil diterima di berbagai budaya
termasuk LATINISME.
|
3
|
BUNDA
GEREJA
|
KLAIM
DIRINYA ADALAH BUNDA GEREJA
|
BUNDA
GEREJA SCR ORGANISASI ADALAH JEMAAT YERUSALEM, SECARA ROHANIAH ADALAH ROH
KUDUS
|
Roma
Kat berani dengan sombong menyatakan bahwa dia adalah Bunda Gereja hanya
karena mendapatkan Tahbisan dari Mar Kefa. Padahal Sebelum Kefa ke ROMA,
beliau telah menjabat sebagai Uskup I di ANTIOKIA.
|
4
|
LITURGY
(SIDDUR) PERIBADATAN
|
LATIN
RITUS LITURGY, terdiri dari Format Biasa (mengikuti Missale Romanum th 1970,
diajarkan oleh Paus Paul VI) dan Format LuarBiasa (mengikuti Missale Romanum
th 1962, diajarkan oleh Paus John XXIII)
|
SIDDUR
MAR YAKUB HATZADIQ TH 50 MASEHI
|
Siddur
Mar Yakub (Uskup I Yerusalem) adalah siddur yang paling tua dan menjadi
pedoman penyusunan siddur lainnya.
|
5
|
MASUK
KE INDONESIA (Nusantara)
|
Sejak
th 1534 (Abad 16) di Maluku, di bawa oleh Bangsa Portugis.
|
Gereja
Syria melalui jalur perdagangan sempat masuk ke Nusantara, Kota Barus di abad
7-8 menghilang. Diterus kembali di tahun 2014 saat Putri Gereja Syria di
Australia mengutus Mar Nicholas Lumbantoruan ke Indonesia untuk menjadi
uskup.
|
Injil
tidak seharusnya dibawa dengan mendompleng tentara atau penjajah. Injil
dibawa oleh para Uskup yang diutus (Aram: Shlikha; Arab: Rosul)
|
6
|
BUNDA
MIRIAM (MARIA)
|
Sebagai
THEOTOKOS (Bunda Alaha), penebus bersama Yeshua, dan sebagai RATU SORGA
|
Sebagai
IMAMSHIKHA (Bunda Mesias), menolak title 'penebus bersama', apalagi 'RATU
SORGA'.
|
Yang
tercatat Luk 1:43 "Siapakah aku ini sampai ibu Tuanku (bukan Ibu
Alahaku) datang mengunjungi aku?". Istilah RATU SORGA yang memerintah di
Sorga juga berbeda dengan pemahaman Nazarene sbb yang memerintah HANYALAH
ALAHA. Posisi Miriam setara dengan para Kadosa (The Saints) lainnya.
|
7
|
TRINITAS
|
TRINITAS,
Tuhan itu satu dengan 3 Pribadi: Bapa-Putra-Roh Kudus
|
Tlithatayutha
(Tla-Qnume): Bapa-Putra-Roh Kudus.
|
Alaha
itu SATU dengan 3 ASPEK (Aram: Qnume). Perhatikan bahwa ajaran jemaat awal
adalah di dalam Aramaik, jadi harus pakai kacamata Aramaik dlm memahami yg
paling tepat. Alaha bukanlah suatu Pribadi (Persopa). Aspek bukanlah Pribadi.
|
8
|
ROH
KUDUS
|
BERSIFAT
NETRAL, 1 Pribadi Alaha
|
BERSIFAT
FEMINIM, 1 QNUME (aspek) dari Alaha
|
Roh
dalam Aramaik dan Ibrani BERSIFAT WANITA. Jadi Alahota (Keilahian) itu selain
mengandung aspek Sang Ayah, juga Sang Bunda. LENGKAP. Saat kitab suci
diterjemahkan ke dalam bahasa-bahasa lain, termasuk Latin maka kata 'Roh'
menjadi BERUBAH MAKNA.
|
9
|
PAUS
TIDAK BISA SALAH (infallibility of the Pope)
|
MEMEGANG
DOKTRIN Paus tidak bisa salah dalam mengajar
|
Menolak
ajaran Paus tidak bisa salah
|
Semua
manusia bisa salah, para Imam, para Uskup, Konsili yang dipimpin manusia.
Yang tidak bersalah hanyalah Alaha. Oleh karena itu GNI memegang 3 Pilar Iman
dalam mengajarkan kebenaran, yaitu: Kitab suci, tradisi suci, dan pewahyuan
suci yg datang dari para Nabi. Pengajaran manusia tidak bisa salah adalah
bentuk AROGANSI yang harus dihilangkan dari dalam jemaat Maran.
|
10
|
PILAR
IMAN
|
kitab
suci, tradisi suci, dan MAGISTARIUM
|
kitab
suci, tradisi suci, dan PEWAHYUAN SUCI
|
MAGISTARIUM artinya adalah PIHAK YG
BERWENANG khususnya Imam dan Uskup Gereja Roma Katolik dalam mengajar dan
menafsirkan ayat-ayat Kitab Suci. Jemaat Roma diajarkan bahwa merekalah pemilik
MAGISTERIUM yang tidak bisa salah! Ajaran Gereja Rasuliah lain bisa saja
salah. Memangnya siapa mereka? Tuhan? Sementara Jemaat Nazarene Indonesia
melestarikan Pilar Iman PEWAHYUAN atau peran kenabian sbb JAWATAN KENABIAN
ini harus tetap ada sbg penyambung pesan Alaha kepada jemaat.
|
11
|
SABBATH
|
DIPINDAH
KE HARI MINGGU
|
TETAP
MEMELIHARA SABBATH
|
TIDAK
ADA PERINTAH YESHUA DAN PARA RASUL untuk memindahkan Sabbath Sabtu. Sabbath
tetap Sabtu, mengingat dan merayakan kebangkitan Yeshua di hari Minggu juga perlu.
GNI menguduskan Sabbath dan juga merayakan Hari Maran di Minggu.
|
12
|
REINKARNASI
|
MENOLAK
REINKARNASI
|
MELESTARIKAN
AJARAN REINKARNASI
|
MELESTARIKAN
AJARAN REINKARNASI Sebab ajaran ini sudah tercatat di dalam TANAKH (kitab PL)
dan dianut kaum Yahudi termasuk Nazarene awal.
|
PERSAMAAN
|
||||
NO
|
POKOK
PERBANDINGAN
|
GEREJA
ROMA KATOLIK
|
NAZARENE
INDONESIA (GNI)
|
PENJELASAN
|
13
|
PENGAKUAN
IMAN
|
MENGAKUI
PENGAKUAN IMAN RASULI TH 70 M DAN PENGAKUAN IMAN NIKEA 325 M
|
Karena
GNI meyakini jawatan kenabian itu tetap seperti di PL dan awal PB, maka para
nabi bisa menjelaskan lebih jauh tentang penyingkapan yang Alaha berikan. Hal
ini membuat adanya Pengakuan Iman Kesukupan yang jauh lebih dalam, namun
tidak bertentangan dengan 2 Pengakuan Iman sebelumnya.
|
|
14
|
KEIMAMATAN
MELKISEDEK
|
MELESTARIKAN
KEIMAMATAN MELKISEDEK
|
MELESTARIKAN
KEIMAMATAN MELKISEDEK, di mana Yeshua dianggap sbg Imam Besar Melkisdek.
Jemaat BUKANLAH Imam.
|
|
15
|
SAKRAMEN
(QADISHOTIM)
|
ADA 7
SAKRAMEN
|
1.
Baptis Air, 2. Baptis Roh Kudus, 3. Pengakuan Dosa, 4. Pernikahan, 5.
Tahbisan Rasuliah, 6. Peminyakan orang sakit, 7. Perjamuan Suci
|
|
16
|
TRADISI
ROTI PERJAMUAN
|
MEMBUAT
ROTI TIDAK BERAGI untuk Qurbana Qadisha
|
Ini
sesuai dengan Perjamuan Suci, malam terakhir yang dilakukan oleh Yeshuadan
para murid. Sementara Gereja Ritus Yunani dan Coptic memakai RAGI shg rotinya
mengembang.
|
|
17
|
KEPEMIMPINAN
|
TIDAK
DIPIMPIN OLEH PENDETA, MELAINKAN USKUP
|
Semua
Uskup Agung, Kardinal, atau Paus adalah para Uskup. Semua SETARA dalam jenjang
keimamatan. Hanya berbeda dalam hal administrasi organisasi Gereja.
|
ARTIKEL TERKAIT:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar