Kamis, 10 Maret 2016

Mau boikot produk Israel?

Tanggapan: Silahkan kalau gak mau sholat lagi. Itu cara cara sholat (aram: shlootha; ibr: tefilot) kan asalnya dari Yahudi. Dari sana baru diserap dan diajarkan ke Kaum Mshikaye (kristen awal) di abad 1, lalu diserap lg ke Islam di abad 7. Sholat dg arah kiblat, wudu, gerak tubuh berdiri, bungkuk, sujud itu semua adalah TRADISI JUDAISM.

Anis Khurli ·
bnyk pertanyaan yg bisa diajukan dr status diatas..hehe. Salah satunya: lha emng yg tinggal di tanah palestin sekarang itu bnr2 ben israel?

Aldo Tulung Allo 
memang ada penelitian bahwa mereka yg bermukim di sana bukan lagi murni berdarah yahudi, namun itu bukan fokus status saya pak Anis.
Fokus status saya adalah asal usul tradisi sholat. Baik Nasrani dan Muslim mewarisi tradisi sholat Yahudi. Kl mrk tdk punya tradisi ini maka kedua agama inipun tidak akan memilikinya. Ini adalah produk asli israel.


Anis Khurli · 
naah...jd juga sebenarnya tidak usah bawa2 sujud atau boikot pak aldo..krn sampean sendiri jg blm yakin mereka ben israel atau bukan. grin emotikon
saya sebenarnya berusaha bicara dalam konteks yg lebih luas, ben israel. bukan mengerucut pada ben judah lho pak..

pak Anis, kendatipun mereka bukan asli keturunan yahudi, namun agama mereka adalah yahudi, semua pemeluk agama ini yg berasal dari bangsa lain disebut proselit.
Jd, Tetap saja mereka beragama yahudi dan pemilik asli tradisi sholat. Islam dan nazarene sy merekonstruksinya kembali sesuai budaya masing2.

Anis Khurli · Berteman dengan Menachem Alilho..
yo ndak bisa to pak..lha wong istilah yahudi baru muncul setelah ben judah ben israel ditawan pihak assyiria kok..

itu hanya istilah, term, kata,itu adalah suatu wadah dari sesuatu yg lbh penting yaitu isinya.
sebut saja itu A, A -lah yg memiliki tradisi sholat itu, baru NAZARENE di abad 1 bisa dibilang menconteknya, lalu islam di abad 7.
Islam tidak muncul dengan sendirinya pak, kita sama sama paham hal ini. Ada keterkaitan sejarah panjang dengan kaum nestorian nasrani dan jg A sebelumnya.

kalo mau bahas yahudi..yo dipersempit cakupannya..kita mau bicara yahudi dlm konteks bangsa atau agama. bangsa yahudi (ben israel),sblm mereka dikutuk, dianjurkan untuk bertauhid oleh Allah (kata orang Islam) YHWH (kata mereka) jadi wajar kl ada ritual ibadah yg sama. lah tapii...setelah bangsa yahudi yg telah dianjurkan utk bertauhid itu bnyk durhaka dan bnyk membunuh Nabi2 yg diutus ke mereka, yo mereka kan akhirnya dikutuk, dilaknat, disumpahi. mau sampean berbicara term, istilah atau apapun, bangsa arab dan bangsa yahudi tetep aja keturunan abraham keturunan sem. 
sampean lhak yo mestinya tau kalo bangsa yahudi bnyk membunuh Nabi. lha emangnya yg membunuh tuhan sampean, Yesus (Isa bin Maryam mnrt pemahaman kami) siapa lg kl bukan bangsa yahudi sendiri

Anda akhirnya menulis:
... jadi wajar kl ada ritual ibadah yg sama...

Tanggapan saya:
syukurlah kalau anda mengakui.
Mau mereka durhaka atau tidak.
Mau mereka membunuh nabi-nabi, atau membunuh Yeshua sekalipun, FAKTA ya FAKTA...Sholat itu hasil dari tradisi mereka.

hehe...boleh lah saling klaim..tp mbok yo yg adil gitu lho pak




ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar