Jumat, 18 Maret 2016

GEREJA KUNO DAN GEREJA MODERN

Gb Gereja Kuno dan Modern


Semua memang mengaku memiliki ajaran yang paling benar, namun kalau diperhatikan dengan teliti, maka ada jurang perbedaan yang menganga di antara Gereja Kuno dan modern antara lain:

NO
ITEM
GEREJA KUNO
GEREJA MODERN
1
PENDIRI
PARA RASUL
BUKAN, dimulai oleh Martin Luther (ex imam Roma Katolik)
2
TAHUN BERDIRI
SEJAK ABAD 1
SEJAK ABAD 16
3
TRADISI
PELESTARI semua tradisi kuno Nazarene kendati ada banyak perbedaan antara sesama Gereja Rasuliah
MEMBUANG dan membuat tradisi masing-masing.
4
KITAB SUCI
PENULIS dan pemelihara naskah-naskah
Hanya pengguna saja, beli dari toko buku
5
MUSEM
Pada umumnya punya khususnya sebagai lokasi penyimpan naskah-naskah kuno
Tidak punya
6
KEIMAMATAN
MELKISEDEK, terdiri Tahbisan Minor dan Mayor.
Semua jemaat adalah imamat secara otomatis
7
BIARA
Pada umumnya punya
Pada umumnya tidak punya
8
SEKOLAH
SEMINARI
SEKOLAH TINGGI TEOLOGIA
9
PENGAJAR
TAHBISAN MAYOR: Shamasha, Qashisha, dan Uskup
YANG PINTAR yang mengajar, yang diangkat menjadi pemimpin
10
PENDETA
TIDAK ADA HUBUNGAN DENGAN PENDETA
DIAJAR OLEH PENDETA

Ini bukanlah perbedaan mana rohaniawan baik dan mana yang jahat. Dalam sejarah Gereja Rasuliah, ada banyak Uskup Roma Katolik yang tindakannya sangat tidak terpuji dan memalukan. Sebagai contoh adalah Paus Yohanes XII yang dengan keji memenggal 63 rohaniawan Roma lainnya, menguliti seorang uskup dan memotong hidung dan 2 jari seorang Kardinal. Di akhir hidupnya, dia menuai apa yang diperbuatnya. Setelah dia meniduri seorang wanita, sang suami murka dan menghancurkan kepalanya dengan ayunan martil.[1] Rohaniawan jahat yang memakan uang persepuluhan jemaat juga teramat banyak di kalangan Gereja Pentakosta Karismatik. Di saat mereka menolak Hukum Taurat, mereka malah mengajarkan persepuluhan yang diambil dari kitab Maleaki.
Mal 3:10  Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.
Mereka dengan sengaja mencomot ayat di atas keluar dari konteksnya. Mereka bukanlah imam lewi, orang luar namun mengatasnamakan imam. Jemaat mereka yang setia berkorban, dan diberkati itu bukanlah karena memberikan persepuhan kepada para rohaniawan tersebut, namun memang karena ketidakmengertian mereka dan mereka setia. Itulah yang memberkati mereka.
Sekali lagi, perbedaan antara Gereja Kuno dan Gereja Modern bukanlah terletak dari karakter rohaniawannya, namun terletak pada pengajarannya. Bahkan seorang Atheis juga bisa punya kebaikan di atas rata-rata tanpa mengenal kitab suci.
Semua pengikut Yeshua yang meyakini bahwa Dia adalah Tuhan dan Mesias bisa memilih. Mau ikuti pengajaran kuno dan melestarikannya di Indonesia atau ikuti pendapat orang-orang pintar pendiri ajaran Modern tersebut. Semua bisa memilih karena punya kebebasan, tidak ada pemaksaan.



[1] Brenda R Lewis, Sejarah Gelap Para Paus, Kejahatan, Pemunuhan, dan Korupsi di Vatican, Kompas Gramedia, 2010


ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar